Giok Hitam Kebumen Diburu Kolektor Mancanegara

Salah satu warga desa Karangsambung, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah menemukan batu akik berwarna hitam kehijauan yang diyakini berasal dari zaman purba. Batu yang ditemukan di kawasan cagar alam geologi kebumen itu, merupakan salah satu jenis batu jadeite atau akrab dikenal dengan nama batu giok hitam / Black Jade ( baca ; Batu Black Jade / Giok Hitam Jawa ) yang hingga saat ini masih diburu oleh kolektor dalam negeri maupun mancanegara.
batu giok kebumenSeorang penambang yang pertama kali menemukan batu itu mengatakan, batu jenis giok yang ditemukan penambang adalah jenis batu yang sudah langka yang selama ini hanya didengar melalui cerita yang melegenda di wilayah tersebut. batu giok ( yang mirip dengan jenis batu badar besi kristal hijau ) tersebut konon  terakhir kali ditemukan di wilayah itu pada zaman sebelum penjajah Belanda masuk ke Indonesia.
"Dahulu batu giok di daerah sini sudah banyak ditemukan dan dibawa ke negeri China, giok asal Sadang disebut Giok Jawa," ujar Rudi, 2 April 2015 lalu, Batu giok ini memiliki ciri khas, karena warna hijau terang dan memiliki serat batu giok yang sangat halus dibandingkan giok dari wilayah lain.
Penambang lainnya Adep Suryana menuturkan, kualitas batu giok di Sadang sudah diakui para pencinta batu natural indonesia dan juga terus diburu oleh kolektor mancanegara bahkan kabarnya batu giok Sadang memiliki kualitas kedua terbaik di dunia setelah batu giok jenis imperial giok yang ditemukan di China.
"Hasil laboratorium gemologi di Jakarta maupun Yogyakarta giok yang ditemukan di sini masuk kategori jadeite jade tipe A, secara mineral kualitas giok jenis ini di atas nephrite jade namun masih di bawah imperial jade," ujar Adep.
Adep menyebutkan, karena memiliki kualitas yang baik, batu giok asal Sadang kini menjadi buruan para pencinta batu dari Negeri Panda.
"Banyak kolektor dari China yang datang untuk berburu batu giok di sini," paparnya.
Batu giok asal Sadang memliki tingkat kekersan mencapai 6,5 sampai 7 skala mohs. Adep mengaku, harga batu giok Sadang masih cukup terjangkau. Untuk batu giok jadeite kelas A dijual dengan harga Rp1,5 juta per kilogram. [metroterkini(dot)com]

Saat ini kami masih memiliki stok giok hitam asal kebumen, silahkan menghubungi kami.

0 Response to "Giok Hitam Kebumen Diburu Kolektor Mancanegara"

Post a Comment